Entri Populer

Senin, 09 April 2012

Tips Sehat..yuuk


siapa sangka polusi dan gigi berlubang ternyata dapat menyebabkan kerontokan rambut. Berikut ini tujuh faktor eksternal di luar kebiasaan kita sehari-hari yang ternyata berpengaruh langsung pada kerontokan dan kerusakan rambut.



1. Diet ketat
Masalah ini yang paling sering terjadi pada wanita. Karena ingin memiliki tubuh yang langsing, diet pun dilakukan habis-habisan hingga tanpa sadar tubuh kekurangan nutrisi dan vitamin. Tentunya nutrisi untuk rambut pun jadi tak tercukupi. Diet berlebihan juga membuat berat badan turun drastis dalam waktu singkat, dan ini membuat batang rambut menjadi lemah, mudah patah, dan mudah tercabut dari akarnya.

2. Merokok
Selain buruk bagi kesehatan, merokok juga dapat menghambat suplai oksigen ke rambut, yang menyebabkan rambut kekurangan nutrisi. Selain itu, merokok juga terbukti mempercepat proses penuaan, dan salah satu tanda penuaan adalah rambut rontok, bahkan kebotakan pada pria.

3. Stres
Saat sedang stres, tubuh memproduksi hormon kortisol dan noradrenalin. Kedua hormon ini membuat rambut "beristirahat" dan tidak memproduksi rambut baru. Jadi selama stres, kerontokan rambut mungkin tak akan bertambah, namun rambut yang rontok ini tak akan digantikan oleh rambut yang baru. Kabar baiknya, kondisi ini hanya akan bertahan selama stres berlangsung. Setelah stres berakhir, sel-sel rambut pun akan kembali berproduksi.

4. Polusi
Tinggal di kota membuat kita rentan polusi. Asap knalpot kendaraan bermotor adalah jenis polusi yang terburuk bagi rambut karena jika terpapar pada rambut dapat menyebabkan rambut menjadi lemah dan mudah rontok. Tinggal di desa tak menjamin rambut bebas terkena polusi, karena ternyata pestisida yang digunakan untuk membasmi hama di sawah dan kebun juga dapat menyebabkan kerontokan jika terpapar pada rambut.

5. Sinar matahari
Sinar matahari baik bagi kita, terutama untuk menstimulasi produksi vitamin D. Namun jika rambut terlalu lama terekspos sinar matahari tanpa perlindungan sama sekali, rambut bukan saja bisa jadi kering dan rapuh, tapi juga bercabang.

6. Bahan kimia di produk rambut
Meluruskan, mengeriting, mewarnai, dan berbagai jenis perlakuan pada rambut yang biasa dilakukan di salon, pasti menggunakan produk yang mengandung bahan kimia. Sekali dua kali tak apa, tapi terlalu sering mengotak-atik rambut dengan produk-produk ini justru akan membuat rambut rapuh dan rusak.

7. Gigi berlubang
Jangan anggap remeh gigi berlubang, apalagi jika sudah mencapai tahap infeksi. Tubuh akan memproduksi lebih banyak sel darah putih untuk melawan infeksi, dan sel darah putih itu akan terdistribusikan ke folikel rambut, yang akan membuatnya berhenti memproduksi rambut sama sekali. Jika dibiarkan, tak jarang pasien infeksi gigi mengalami kebotakan di satu area kecil di kepala. Lokasi kerontokan biasanya dekat dengan posisi gigi yang terkena infeksi. Pada pria, terkadang infeksi gigi juga berpengaruh pada kerontokan alis atau janggu






3 Resep Ramuan Mujarab untuk Hilangkan Selulit
By Lika Aprilia Samiadi  Friday February 18, 2011 02:43 pm WIT



Tak perlu pusing lagi mencari krim yang ampuh untuk mengatasi selulit di paha, perut, dan bokong Anda. Ternyata Anda bisa dengan mudah meracik sendiri 'obatnya'. Bahan utamanya: ampas kopi!



Tak peduli berapa umur Anda, apa jenis kulit Anda, dan berapa berat badan Anda, selulit selalu jadi musuh besar. Ia biasanya muncul di paha, perut, dan bokong, yang membuat kulit kita terlihat bergaris-garis kasar bak kulit jeruk. Selama bertahun-tahun, wanita di seluruh dunia mencari berbagai krim dan obat untuk menghilangkan selulit. Padahal, hanya berbekal serbuk kopi, kita bisa meracik ramuannya sendiri, lho.

Salah satu metode yang paling ampuh untuk menghilangkan selulit adalah pijat. Dengan pijat, sirkulasi darah jadi lebih lancar, dan sel-sel lemak bisa lebih mudah dihancurkan.

Sementara itu, penelitian menunjukkan bahwa krim antiselulit yang dianggap paling ampuh adalah yang mengandung kafein. Ternyata kafein bisa melebarkan pembuluh darah, sehingga sirkulasi dan aliran darah menjadi lebih lancar. Kafein juga bisa mengurangi kadar penimbunan air, yang merupakan salah satu penyebab terdorongnya lemak ke kulit dan menjadi selulit.

Dua fakta ini jadi cukup bukti untuk meyakinkan kita bahwa salah satu solusi paling ampuh menghadapi selulit adalah pijat dengan ramuan yang mengandung kafein. Ini resepnya.

Resep 1
1 cangkir ampas kopi yang masih baru
1 putih telur
1 sendok makan minyak zaitun
Campurkan bahan-bahan di atas dan gunakan untuk memijat bagian tubuh Anda yang berselulit. Pijat dengan gerakan memutar, kemudian bilas. Ramuan ini juga bisa dioleskan ke selulit, kemudian 'bungkus' bagian tersebut dengan plastik dan diamkan selama 5-10 menit. Untuk hasil yang optimal, lakukan ritual ini 3 kali seminggu.

Resep 2
1/4 cangkir ampas kopi hangat
1 sendok makan minyak zaitun
Campurkan bahan-bahan di atas, kemudian balurkan ke atas loofah atau handuk wash lap sebelum memijat bagian yang berselulit. Lakukan 2 kali seminggu.

Resep 3
Campurkan ampas kopi dengan sabun cair atau body lotion. Balurkan ke tubuh, diamkan beberapa menit, lalu bilas. Lakukan setiap hari.


Terapi Jus & Diet
02/09/2009
khalid
Beri komentar
Lihat komentar
Gampang Lelah



Gampang lelah atau hilang tenaga bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti ketegangan hidup atau terganggunya emosi si penderita. Dari segi gizi, rasa gampang lelah bisa dipicu oleh kurangnya zat-zat organik di dalam makanan untuk memenuhi kebutuhan energi.

Gampang lelah adalah salah satu pertanda adanya penyakit. Kemungkinan disebabkan oleh banyaknya jaringan-jaringan sel yang sudah rusak, serta banyaknya sisa-sisa makanan yang tertumpuk di dalam tubuh.

Apabila tidak dibersihkan dengan cara three day cleansing, sisa-sisa makanan menjadi makanan empuk bakteri yang mengakibatkan dirongrongnya kesehatan seseorang.

Resep Jus:

Pagi: Wortel 1 gelas, bayam ½ gelas

Siang: Wortel 1 gelas, beet 1/3 gelas, mentimun 1/3 gelas

Malam: Wortel 1 gelas

Catatan: Di antara penggunaan resep-resep ini boleh minum sari wortel sedikitnya dua kali sehari
Demam

Demam merupakan cara tubuh menghalangi bertambahnya kuman-kuman di dalam tubuh serta menambah daya tahan tubuh. Jadi sebenarnya, demam adalah mekanisme untuk melawan kuman-kuman. Karenanya, jangan terlalu pusing dengan demam biasa asalkan tidak terlalu tinggi.

Dari aspek lain, demam timbul karena adanya pembakaran dan pembersihan sisa-sisa kotoran di dalam tubuh itu. Sebenarnya, jika tidak ada ampas yang berlebihan di dalam tubuh serta kebutuhan sel-sel terpenuhi, demam tidak akan muncul. Penderita demam akan segera merasa lega jika tubuhnya dibersihkan dengan cara berpuasa atau mengikuti program three day cleansing.

Resep Jus:

Pagi: Wortel 1 gelas, beet 1/3 gelas, lettuce ½ gelas

Siang: Jeruk lemon ½ gelas

Malam: Jeruk manis 1 gelas

Catatan: Di antara penggunaan resep-resep di atas si penderita dianjurkan banyak minum air putih dan sedikitnya minum sari wortel dua kali sehari (1 gelas setiap kali minum).
Penyakit Kandung Empedu dan Batu Empedu

Batu empedu dan batu-batu lainnya bisa terjadi karena menumpuknya kalsium anorganik dan bahan-bahan anorganik lainnya di dalam kandung empedu yang tidak dapat diasimilasikan.

Jenis-jenis tepung roti dan nasi adalah contoh zat-zat yang mengandung kalsium anorganik itu. Makanan-makanan seperti itu menyebabkan munculnya batu di dalam empedu. Kandungan empedu sangat perlu dijaga agar hati dapat berfungsi dengan baik.

Selain mengurangi makanan di atas, hindarilah makanan berlemak dan mengandung berkolesterol tinggi, seperti daging dan telur. Sari buah jeruk lemon tanpa gula dan garam dicampur dengan satu gelas air panas, tiga atau empat kali sehari dapat memecahkan batu-batu di dalam kandung empedu. Bahkan minum sari buah semangka (bagian putihnya yang terletak di antara dagingnya yang merah dan kulit luarnya) sangat menolong penderita penyakit ini. Selain resep di atas, bisa juga dicoba resep-resep berikut ini.

Resep Jus:

Pagi: Wortel 1 gelas, beet 1/3 gelas, mentimun 1/3 gelas

Siang: Wortel 1 gelas, bayam ½ gelas

Sore: Wortel 1 gelas, celery ½ gelas, peterseli ¼ gelas

Malam: Wortel 1 gelas, beet 1/3 gelas, kelapa ¼ gelas
Radang Lambung (Gastritis)

Radang lambung adalah peradangan yang akut pada selaput lendir lambung. Penyakit ini timbul karena makan makanan yang tidak menyehatkan dalam waktu yang agak lama. Penyebab radang lambung, antara lain makanan berminyak atau yang digoreng, makan terlalu banyak, makan tergesa-gesa, minum banyak air ketika makan, waktu makan yang tidak teratur, bumbu-bumbu yang berlebihan, merokok, dan minum minuman keras. Makanan segar yang diparut, atau dipotong-potong dengan halus akan menolong menghindari radang lambung.

Resep Jus:

Pagi: Wortel 1 gelas, bayam ½ gelas

Siang: Bayam ½ gelas

Malam: Wortel 1 gelas, beet 1/3 gelas, mentimun 1/3 gelas
Kencing Nanah (Gonorrhea)

Penyakit kencing nanah adalah jenis penyakit kelamin yang sering ditularkan melalui hubungan seks. Penyakit itu disebabkan oleh sejenis kuman kecil berbentuk kopi yang disebut dengan gonococcus. Dalam keadaan tertentu, penyakit itu mungkin juga terjangkit dari tangan kotor, pakaian kotor, tempat duduk, kamar kecil, bahkan air mandi. Maka walaupun biasanya penyakit ini timbul di sekitar alat kelamin, bisa juga terjangkit ke mata.

Perasaan terbakar ketika buang air kecil merupakan gejala awal penyakit ini. Pada kaum pria, ujung penisnya akan berwarna merah dan bengkak, sedangkan pada kaum wanita, kelenjar di sekeliling lubang menuju liang vaginanya terasa panas dan bengkak. Pengeluaran lendir yang lama biasanya terjadi pada laki-laki dan wanita.

Resep Jus:

Pagi: Wortel 1 gelas, bayam ½ gelas

Siang: Wortel 1 gelas, beet 1/3 gelas, mentimun 1/3 gelas

Sore: Wortel 1 gelas, selery ½ gelas, peterseli ¼ gelas

Malam: Bayam ½ galas
Encok

Penyakit encok adalah terjadinya peradangan pada sendi-sendi tulang yang dipicu oleh makanan dan minuman keras. Penyakit ini hampir sama dengan rematik. Makanan vegetarian adalah yang terbaik untuk penderita encok.

Resep Jus:

Pagi: Wortel 1 gelas, bayam ½ gelas

Siang: Wortel 1 gelas, celery ½ gelas, bayam 1/3 gelas

Sore: Wortel 1 gelas, beet 1/3 gelas, mentimun 1/3 gelas

Malam: Wortel 1 gelas, beet 1/3 gelas, kelapa ¼ gelas
Rambut Rontok

Rontoknya rambut bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti kurangnya klor dan silikon di dalam makanan atau karena keturunan. Meskipun demikian, dengan banyak makan lettuce, paprika, celery, dan bayam yang semuanya mentah akan membantu pertumbuhan rambut. Sebagai tambahan sayuran tersebut, resep berikut ini juga bisa dipraktikkan.

Resep Jus:

Pagi: Wortel 1 gelas, lettuce ½ gelas, rumput gajah atau peterseli 1/3 gelas

Sore: Wortel 1 gelas, rumput gajah 1/3 gelas
Napas Bau (Holitosis)

Halitosis biasanya disebabkan oleh bersihnya mulut. Apabila mulut tidak dibersihkan setiap habis makan atau gigi tidak disikat dengan teratur, sisa makanan akan tertumpuk di sela-sela gigi dan di sela-sela selaput mulut yang akhirnya menutupi lidah. Akibat bakteri, sisa-sisa makanan itu membusuk dan berbau.

Di samping itu, penyakit paru seperti bronkhitis, paru bernanah, dan kanker paru juga dapat menyebabkan napas bau. Napas bau juga bisa terjadi karena pencernaan yang kurang beres dan adanya gangguan emosi, seperti rasa khawatir atau gelisah.

Resep Jus:

Minum 1 gelas jus wortel dan ½ gelas jus bayam tiga kali sehari. Disamping itu perlu melakukan pembersihan tubuh dengan program three day cleansing.
Demam Alergi

Hay fever adalah salah satu bentuk dari rhinitis allergica yang terjadi pada waktu tertentu. Dalam banyak hal penyakit ini timbul karena adanya serbuk atau jamur di udara. Penyakit seperti ini bisa berubah menjadi asma, bahkan keduanya berkaitan satu sama lain karena keduanya disebabkan oleh kepekaan terhadap sejenis protein tertentu.

Gejala hay fever tidak berbeda dengan gejala pilek biasa, tetapi lebih banyak mengalami bersin, pening, rasa sakit, loyo, mata berair dan merah, perih, rongga hidung merah, dan membengkak. Demam seperti ini biasanya lebih lama daripada pilek biasa. Penyakit ini cenderung dialami oleh seseorang yang banyak minum susu, makanan bertepung, dan makanan lain sejenisnya.

Resep Jus:

Pagi: Wortel 1 gelas, bayam ½ gelas

Siang: Lobak dan batangnya ½ gelas

Sore: Wortel 1 gelas, beet 1/3 gelas, mentimun 1/3 gelas

Malam: Wortel 1 gelas, celery ½ gelas, peterseli ¼ gelas

Sebelum tidur minum ½ gelas sari daun pegagan
Sakit Kepala

Sakit kepala sering dikeluhkan banyak orang. Rasa sakit kepala ini sering muncul dan hilang seketika, tetapi sering juga lama dan kambuh kembali. Sebenarnya rasa sakit kepala ini adalah kerena di dalam tubuh terdapat banyak kotoran yang perlu dibersihkan. Jadi rasa sakit kepala ini adalah reaksi dari tubuh agar si penderita membersihkan tubuhnya dari sisa-sisa makanan yang telah tertumpuk di dalamnya.

Resep Jus:

Pagi: Wortel 1 gelas, bayam ½ gelas

Siang: Wortel 1 gelas, celery ½ gels, bayam 1/3 gelas

Malam: Wortel 1 gelas, beet 1/3 gelas, mentimun 1/3 gelas

Sebelum tidur minum ½ gelas sari daun pegagan

Sumber: Nainggolan, Dr. R. A. 2006. Sehat Alami Terapi Jus & Diet. Jakarta: AgroMedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Di tunggu komentar nya yaa .. :) makasii