Entri Populer

Sabtu, 07 April 2012

Persiapan pernikahan


Mempersiapkan Pesta Pernikahan Anda


Pesta Pernikahan

Pesta pernikahan harusnya menjadi sesuatu yang indah dan membahagiakan bagi semua pihak yang terkait dengan pernikahan ini. Inilah saatnya dua manusia menjadi satu untuk lebih sempurna, dan hal ini tidak akan pernah lepas dari bersatunya kedua keluarga serta teman dan lingkungan kedua mempelai. Hal ini tidak akan pernah terelakkan dari pesta pernikahan yang akan digelar untuk merayakan semua kebahagiaan yang terjadi pada kedua mempelai, kedua keluarga, serta teman-teman terdekat. Oleh karena itu, pesta pernikahan harus benar-benar dipersiapkan dengan baik untuk merayakan semua hal ini, agar dapat terlaksana dengan lancar dan sesuai dengan apa yang diharapkan oleh kedua mempelai dan semua pihak yang terkait.

Persiapan menjelang pesta pernikahan dan semua hal yang terkait dengannya, termasuk semua detil kecil perlu dilakukan dengan matang. Untuk ini, banyak mempelai yang melakukan persiapan jauh sebelum acara digelar, bahkan berbulan-bulan sebelumnya. Bagi mereka, hal ini penting dilakukan agar mereka dapat memperhitungkan banyak hal yang akan diperlukan pada pesta pernikahan mereka. Hal-hal ini termasuk hal-hal kecil dan detil yang diperlukan pada hari bahagia mereka. Lebih dari itu, dengan melakukan persiapan jauh sebelumnya, kedua mempelai dan keluarga akan dapat menambahkan beberapa hal apabila ternyata hal-hal ini belum dilakukan atau belum dipersiapkan tanpa harus terburu-buru karena waktu pelaksanaan pesta pernikahan sudah dekat. Kedua mempelai dan pihak terkait akan dapat dengan mudah menambahkan segala hal yang akan diperlukan, dan tentunya hal ini akan baik karena akan ada banyak hal yang dapat dipertimbangkan dan dipilih dengan baik.

Namun hal ini seringkali menjadi masalah bagi kedua mempelai dan juga pihak-pihak yang terkait. Persiapan yang lama dan panjang menyita banyak waktu dan perhatian juga tenaga mereka. Seringkali pula,hal ini bukannya menjadikan sebuah persiapan yang matang dan baik, namun lebih menjadi sebuah beban yang dilaksanakan dengan terpaksa. Tidak hanya kedua mempelai yang menjadi kelelahan, namun juga semua pihak yang terkait. Persiapan pesta pernikahan menjadi terbengkalai dan bukan tidak mungkin seluruh acara yang seharusnya dipersiapkan dengan baik akan berantakan. Hal inilah yang seringkali tidak dipertimbangkan dengan baik oleh kedua mempelai dan pihak-pihak yang terkait.

Untuk mengatasi hal ini, banyak hal yang dapat dilakukan agar pesta pernikahan dapat berjalan dengan baik dan lancar. Salah satu cara yang dapat ditempuh, seperti yang telah dijelaskan di atas dengan mempersiapkannya jauh-jauh hari. Namun yang perlu diingat adalah harusnya kedua mempelai dan pihak-pihak terkait mempersiapkannya dengan baik, tanpa harus terlalu dalam mempersiapkan pesta pernikahan tersebut. Namun, jika hal ini dirasa kurang menguntungkan untuk kedua mempelai karena satu dan lain hal, masih ada beberapa cara lain yang dapat dilakukan.

Salah satu yang dapat menjadi jalan keluar untuk persiapan pesta pernikahan adalah dengan menyerahkan segala urusan dan persiapan pesta pernikahan kepada sejumlah event organizer yang akan melakukan semua hal untuk kedua mempelai demi terlaksananya hari bahagia tersebut. Sejumlah hal penting seperti lokasi pernikahan, acara pernikahan, undangan pernikahan, cinderamata pernikahan, dekorasi, katering, dan juga banyak hal lain akan dipersiapkan dengan baik oleh berbagai event organizer tersebut. Lebih lagi, semua hal yang dilakukan oleh event organizer tersebut akan dilakukan berdasarkan rencana dan kemauan dari kedua mempelai mengenai pesta pernikahan yang akan mereka gelar. Segala konsep dapat disampaikan kepada event organizer untuk setelahnya dipersiapkan dan dilaksanakan dengan baik.

Hal ini seringkali dilakukan oleh banyak mempelai untuk mengadakan pesta pernikahan karena dirasa banyak menguntungkan dalam banyak hal. Keuntungan pertama yang akan didapatkan oleh kedua mempelai adalah bahwa mereka tidak perlu mempersiapkan berbagai hal sendiri. Daripada mempersiapkan pernikahan mereka, mereka dapat beristirahat lebih banyak dan mempersiapkan mental untuk hari bahagia yang akan datang. Satu hal yang harus dipertimbangkan adalah biaya yang harus dikeluarkan untuk menyewa tenaga dan jasa dari event organizer. Tentu saja, biaya yang harus dikeluarkan akan lebih besar daripada ketika kedua mempelai menangani persiapan pesta pernikahan mereka sendiri.

Bagi Anda yang mau menikah, berikanlah focus pada katering pernikahan. Ini penting, karena katering pernikahanlah yang akan menyajikan makanan dan minuman terbaik sebagai suguhan dan penghargaan terbaik bagi para tamu yang sudah bersedia hadir pada acara pernikahan kedua mempelai. Suguhan utama bagi para tamu undangan yang hadir tidak lain adalah makanan dan minuman yang disediakan katering pernikahan ini, selain hiburan lain menjadi bagian dari resepsi pernikahan. Oleh karena itulah, menu dan ragam makanan dan minuman yang disajikan harus dipersiapkan dan dipertimbangkan dengan matang dan sempurna.

Karena pentingnya peran katering pernikahan, maka perlu untuk dipersiapkan dengan sungguh-sungguh. Apabila hal ini tidak dipersiapkan dengan baik, tidak hanya acara pernikahan yang akan terancam kelancarannya, namun juga nama baik kedua mempelai dan keluarga yang dipertaruhkan di hadapan para tamu. Oleh karena itu, ada baiknya memilih katering pernikahan yang telah berpengalaman dalam melayani sejumlah resepsi pernikahan. Hal ini akan sangat membantu karena kedua calon mempelai maupun pihak penyelenggara tidak akan perlu memikirkan sendiri makanan dan minuman apa yang harus disajikan untuk para tamu undangan pada pesta atau resepsi pernikahan mereka. Mereka hanya akan perlu untuk memilih menu sajian pada hari bahagia itu, tentunya dengan kualitas terbaik dan kuantitas yang mencukupi bagi para tamu undangan.

Katering pernikahan yang berpengalaman juga akan sangat membantu selama proses penyelenggaraan pesta pernikahan. Hal ini dikarenakan mereka memiliki pengalaman yang cukup dalam menjaga dan mengatur sirkulasi makanan dan minuman yang dibutuhkan oleh para tamu. Pihak penyelenggara pesta atau resepsi pernikahan tidak akan perlu untuk mencampuri ataupun bermasalah dengan kekurangan makanan dan minuman yang seharusnya disajikan untuk para tamu. Katering pernikahan yang berpengalaman akan mampu dan menyadari waktu-waktu tertentu yang diperlukan untuk mengisi ulang setiap jenis makanan dan minuman untuk para tamu undangan dalam acara pernikahan ini, sehingga pihak penyelenggara tidak perlu berulang kali mengingatkan pihak katering pernikahan untuk melakukan yang terbaik bagi para tamu.

Ada berbagai macam katering pernikahan  yang menawarkan berbagai jasa katering yang diperlukan kedua mempelai maupun pihak penyelenggara di hari bahagia ini. Oleh karena itu, pihak penyelenggara pesta atau resepsi pernikahan harus mampu memilih katering pernikahan yang paling berkualitas untuk menjamin kelancaran dan kesuksesan acara. Keberagaman katering pernikahan ini juga berkaitan dengan makanan, kualitas makanan dan jenis makanan yang akan disajikan pada acara pernikahan. Ada beberapa katering yang memasak satu jenis makanan dari rumpun yang sama, seperti masakan cina misalnya, untuk disajikan dalam acara pernikahan anda. Namun ada juga yang menawarkan berbagai macam jenis makanan dari rumpun atau budaya yang berbeda untuk disajikan sebagai variasi pada acara pernikahan ini. Hal ini juga dapat menjadi pertimbangan untuk memilih katering pernikahan yang sesuai dengan konsep pesta pernikahan juga keinginan anda dalam menyelenggarakan acara yang penting dalam hidup anda ini. Apabila anda ingin menghadirkan satu tema dalam pernikahan anda, maka katering pernikahan yang menyajikan satu jenis rumpun masakan adalah pilihan yang terbaik. Namun, apabila tamu undangan yang akan hadir pada pesta pernikahan anda berasal dari berbagai latar belakang dan budaya yang berbeda, ada baiknya untuk memanjakan lidah tiap-tiap orang yang berbeda dengan beberapa jenis makanan yang berbeda pula.

Hal ini akan dapat membantu para tamu undangan untuk menikmati acara pernikahan yang anda gelar, dengan sedikit “wisata kuliner” dengan berbagai hidangan yang berbeda untuk mereka. Namun, ada satu hal yang masih tetap harus diperhatikan dalam memilih jasa katering pernikahan ini. Biaya merupakan hal utama yang juga selalu menjadi pertimbangan. Apabila biaya tidak menjadi masalah bagi anda dan keluarga, maka anda dapat dengan mudah menghadirkan sajian makanan dari katering pernikahan  yang menawarkan jenis hidangan yang lengkap dan beragam. Namun, apabila anda memiliki beberapa kesulitan dalam hal biaya, atau bagi anda yang ingin menghemat pengeluaran dalam pesta pernikahan, maka sajian makanan dan minuman yang sederhana namun berkualitas haruslah yang menjadi pilihan terbaik.



Tips Menghemat Anggaran Pernikahan


 Tidak semua orang perlu melangsungkan resepsi pernikahan dengan mewah. Pendapat orang kadang "nikah cuma sekali seumur hidup", "saya cuma anak tunggal", "pernikahan itu sakral", "memuliakan tamu itu penting" dan sebagainya. Namun beberapa lainnya berpendapat mending budget anggaran yang banyak itu buat kehidupan setelah nikah. Nah bagi Anda yang memiliki pandangan ke dua tadi silahkan lanjutkan aja baca artikel ini.
 Berikut tips menghemat anggaran dalam pernikahan.




1. Undangan
 Pilihlah undangan dengan harga lebih murah namun sesuai dengan selera Anda. Jika menggunakan kertas doff lebih mahal, Anda dapat memilih kertas undangan pernikahan yang biasa dengan perbedaan harga Rp. 500,- sampai Rp, 1000,-. Memang sepertinya bedanya cuma sedikit akan tetapi ingatlah jika Anda harus mengundang 5000 orang tinggal kalikan saja selisihnya, besar juga bukan?.
 Foto merupakan pilihan populer sekarang ini untuk ditempatkan di undangan. Selain mempercantik juga mengenalkan Anda dan pasangan yang akan melangsungkan pernikahan kepada tamu yang diundang nantinya. Gunakan foto yang diambil secara amateur bisa dari hp atau kamera saku biasa dibanding Anda ke studio foto yang berbiaya mahal. Beberapa waktu yang lalu kami mengunjungi studio foto dan menanyakan tarif foto prewedding yang berkisar 1,7 juta sampai 2,5 juta.

2. Sajian
 Hitung juga sajian yang akan dijamukan kepada tamu Anda ketika resepsi pernikahan berlangsung. Sajian dengan menu wah memang sangat memanjakan lidah namun alih-alih memasak sendiri (dibantu tetangga tentunya) lebih baik menggunakan jasa katering. Sesuaikan saja dengan jumlah undangan maka akan lebih menguntungkan, lebih murah, dan tidak mubadzir karena sisa.

3. Souvenir
 Gak jamannya pernikahan tanpa souvenir bagi tamu. Mengingat tamu undangan pernikahan Anda berasal dari berbagai kalangan, ada baiknya Anda memberikan souvenir yang murah namun mewah. Apa ada? Tentu saja, di www.souvenir-id.com kami menyediakan souvenir pernikahan murah dengan kualitas terbaik. Bandingkan dahulu harga dari masing-masing toko souvenir di kota Anda atau cari di www.google.com dengan kata kunci souvenir pernikahan. Selisih harga Rp 100,- saja jika dikalikan dengan undangan 1000 orang sudah Rp. 100.000,- bukan? Sangat banyak dan bisa digunakan untuk pos yang lain.

Daftar Ceklist Persiapan Pernikahan


 Bagi Anda yang sedang merencanakan pernikahan, alangkah baiknya dipersiapkan dengan baik tiap item berikut. Cuma saran aja, mungkin ada kekurangan dan bisa dianggap pengingat sebelum semuanya terlambat.
 1. Menentukan Tanggal dan Waktu Pernikahan
 2. Mengurus surat-surat, administrasi dan mencari Penghulu / Pastor
 3. Memilih Cincin, mas kawin dan Ubo Rampe-nya
 4. Mengumpulkan Nama dan Alamat undangan
 5. Survey dan Memilih Tempat ( Rumah Atau Gedung ) dengan pertimbangan:
      a. Luas dan kapasitas lokasi
      b. Parkir
      c. Keamanan
      d. Kenyamanan
      e. Kebersihan
      f. Air
      g. Listrik , dll
 6. Menyelaraskan jumlah undangan dengan lokasi pernikahan
 7. Foto pre wedding
 8. Survey dan menentukan jenis makanan / menu, misal:
      a. Memasak sendiri
      b. Menyewa tukang masak
      c. Catering dll
 9. Silaturahmi kepada orang yang terpilih, misal:
      a. Saudara, Teman atau Tetangga
      b. Ulama, Pastur atau sesepuh agama
 10. Membuat Rencana Biaya dan Daftar Anggaran Pengeluaran
 11. Memilih & Menentukan Tema Pernikahan, misal:
       a. Cara Jogja / Solo / Muslim / Eropa / Chinesse
       b. Nuansa Hijau, Merah, Biru, Putih, dll
       c. Standing Party / Ramesan / Kombinasi Keduanya
 12. Membuat Kepanitiaan, misal:
       a. Wedding Organiser
       b. Anggota Keluarga
       c. Tetangga / Pemuda, dll
 13. Membuat Buku Panduan dan Runtutan Prosesi Acara
 14. Pembagian Tugas dan Tanggung Jawab
       ( dari Panitia Bagian Peralatan sampai dengan Penerima Tamu )
 15. Mencetak undangan dan menyebar undangan
 16. Menyiapkan paket hantaran
 17. Check kesehatan ke dokter
       a. Makan dan istirahat yang cukup
       b. Tetap Relax dan Tenang
 18. Mengurus Akomodasi Tamu-tamu dari luar kota
       a. Hotel
       b. Mobil, dsb
 19. Menyusun daftar wajib foto ( keluarga, teman, kerabat )
 20. Mengurus cuti / libur
 21. Mencari atau Memesan
       a. Tenda atau Gedung
       b. Rias manten, Daftar yang dirias
       c. Seragam ( Seragam Keluarga, Among Tamu, Buku Tamu, Domas, dll )
       d. Fotografer dan Videografer
       e. Sound system
       f. Kelistrikan
       g. MC Utama, MC Serah Terima, MC Sambutan, dll
       h. Buku daftar hadir / buku tamu dan Souvenir. Nah khusus untuk souvenir pernikahan silahkan lihat kalatog kami atau hubungi kami untuk mendapatkannya. Dapatkan GRATIS ongkos kirim untuk pengiriman seluruh Jawa.
       i. Hiburan ( Solo Orgent, Campursari, Rebana Tari, dll )
       j. Baju manten
       k. Dekorasi : kamar pengantin, pelaminan, Akad Nikah / Sakramen Gereja, Hand Bouquet, Bleketepe, dll
       l. Transportasi ( sepeda motor, pick up, station, bus, supir, dll )
       m. Mobil manten
 22. Gladi Bersih ( cross check keseluruhan ) Komunikasi Harus Jelas antara :
       a. Kepanitiaan & Sinoman
       b. Pelaksana Lapangan, misal: Salon / Rias, Catering, Tenda, Gedung
       c. Tuan Rumah
 23. Menghindari konflik dan memecahkan masalah
 24. Siapkan alat komunikasi, misal:
       a. HP diusahakan selalu ada pulsanya
       b. Telepon Rumah
       c. Sinyal yang bagus
 25. Selesai Acara
       a. Membereskan sisa urusan
       b. Mengirimkan ucapan terima kasih, memohon maaf atau memberi hadiah kepada semua yang telah membantu
 26. Honey Moon / Bulan Madu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Di tunggu komentar nya yaa .. :) makasii